Tips Mengkopi Rumus Secara Cepat Excel

Posted by

Pada suatu tabel, sering kita mencoba untuk mengkopi rumus karena rumusnya sama. Misalkan situasi dimana kita ingin membuat nilai New Salary yang mana Salary ditambah dengan 3.21%. Lihat contoh gambar dibawah ini
copy-rumus
Pada gambar diatas, kita telah membuat rumus sel New Salary yaitu =F2*$J$1+F2, dimana J1 berisi 3.21%. Maksud rumus diatas, adalah hitung kolom New Salary berupa penambahan 3.21% dari kolom Salary
Biasanya setelah menulis rumus diatas, kita akan mengkopi rumus tersebut dengan menarik kotak hitam kecil di Kolom H2 ke bawah, seperti gambar.

Tips 3. Copy Rumus

Namun ada cara cepat untuk mengkopi rumus tersebut, yaitu double klik saja pada kotak kecil hitam yang biasanay kita seret kebawah itu.
Hasilnya adalah, seluruh sel pada kolom New Salary sampai ke bawah akan terisi dengan rumus tersebut

Catatan:

Bila ada satu atau beberapa kolom di samping kiri atau kanan rumus ada yang kosong, maka double klik hanya akan berhenti sampai tempat kosong tersebut. Ini tentu mengesalkan, karena kita harus kembali mengkopi rumus dengan cara menggeser.
Nah untuk mengatasi hal seperti ini, pastikan bahwa disamping kiri dan kanan rumus yang dikopi, tidak ada sel kosong. Hal ini bisa dilakukan dengan cara : Menyembunyikan sel yang kosong tersebut. Caranya dengan klik kolom yang ingin disembunyikan, klik kanan lalu pilih Hide.
RUANGKOSONG
hide_kolom
Pada intinya, agar double klik bisa mengkopi rumus secara otomatis, kolom di sebelah kiri atau kanan rumus tidak boleh kosong.

Source : http://harisaryono.com/2012/08/tips-mengkopi-rumus-secara-cepat/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

0 comments:

Post a Comment