Tips Integrasi Laporan dari Banyak Sheet ke dalam 1 Sheet

Posted by

Misalkan kita mempunyai data hasil penjualan di 4 wilayah, yaitu East, South, Midwest dan West. Pada akhir tahun, yaitu Bulan Desember, kita ingin merekap laporan tersebut menjadi laporan tahunan, sehingga hasil penjualan pada tahun tersebut bisa diketahui secara mudah.
integrasi-data-beda-sheet
Untuk itu, saya akan membuat sheet baru sebagai summary dari hasil penjualan 4 sheet tersebut
summary-integrasi
Syarat didalam menggunakan integrasi seperti ini adalah, semua sheet letak masing-masing selnya harus identik. Cara paling aman adalah dengan mengkopi sheet yang sebelumnya.
Pada gambar ke-2 diatas, saya sudah memasukkan rumus untuk total, %total baik vertikal maupun horizontal. Nilainya masin #DIV/0 karena memang datanya belum diisi.

Cara Biasa

Biasanya, untuk mengisi data ini, sebagai misal, untuk data B4, kita tulis rumus dengan langkah sebagai berikut:
  • Tulis =
  • kemudian klik sheet East,
  • lalu klik B4
  • tulis +
  • klik lagi sheet South
  • klik B4
  • tulis +
  • klik lagi sheet Midwest
  • Klik B4
  • tulis +
  • Klik lagi sheet West
  • klik B4
  • Tekan Enter
Hasilnya, rumus total di B4 Sheet Summary adalah
=East!B4+South!B4+Midwest!B4+West!B4
Rumus ini bisa kita tarik ke kanan dan ke bawah, sehingga seluruh kotak terisi dengan data
Jadi, dalam cara biasa, kita hanya perlu men-set rumus ini sekali, kemudian mengkopinya
Tentu cara ini bisa dilakukan, namun akan sangat membuat tangan pegal bila, misalnya kita mempunyai 100 sheet. Selain itu kemungkinan salah klik menjadi lebih tinggi, dan rumus tidak bisa dipakai bila kita mengganti nama Sheet. Karena itu, untuk kasus seperti ini gunakan cara cepat

Cara Cepat

Cara cepat adalah dengan menggunakan =sum. Caranya sebagai berikut:
di Home tab, pilih Sum (simbolnya Sigma), atau tulis di sheet Summary sel B4
=Sum(
Lalu Klik Sheet East
Tekan SHIFT
Klik Sheet West
Lalu Klik B4
Tekan Enter
Rumus di B4 Menjadi =Sum(East:West!B4)
Hasilnya sama persis dengan rumus cara biasa, namun lebih simpel dan lebih cerdas
rumus-integrasi-dengan-sum
Ketentuannya adalah: semua Sheet yang berada diantara Sheet East dan Sheet West, apapun namanya, akan diikutkan dalam perhitungan SUM

Catatan

Tentu, rumus ini tidak hanya berlaku untuk fungsi SUM saja, anda bisa mengganti dengan fungsi yang lain, semisal AVERAGE untuk mencari rata-rata, MIN & MAX untuk mencari nilai minimum dan maksimum dan sebagainya
Selamat Mencoba…

Source : http://harisaryono.com/2012/08/tips-integrasi-laporan-dari-banyak-sheet-ke-dalam-1-sheet/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

0 comments:

Post a Comment