Membuat Data Pemasukan dan Pengeluaran Harian di Excel

Posted by

pakar excel yang baik. kalau ingin memasukkan data otomatis terekam pada sheet lain bagaiman bos rumus. Terima kasih
Yap, pertanyaan menarik. Untuk menjawabnya, saya akan memberikan contoh satu aplikasi sederhana untuk menyimpan transaksi masukan dan pengeluaran yang bisa anda kembangkan sendiri. Aplikasi ini sederhana. Saya akan menggunakan Excel untuk memasukkan data Pemasukan dan pengeluaran harian, yang terdiri dari :
  1. Tanggal Transaksi
  2. Jenis Transaksi (Input/Output)
  3. Uraian
  4. Jumlah
  5. Terbilang, hanya sebagai tambahan saja, untuk mengecek apakah nilai yang kita masukkan sudah benar.
Caranya:
1. Buka Excel, Namai sheet1 dengan INPUT dan Sheet2 dengan DATA. Nantinya data akan disimpan dalam Sheet DATA
3. Buat antar muka sederhana yang terdiri dari 5 point diatas. Tambah 1 lagi yaitu ID transaksi. Lihat gambar.

4. Supaya mudah, namai sel C3, yaitu untuk kotak No Transaksi dengan id dan berikutnya:
  • C3 dinamai id
  • C4 dinamai tgl
  • C5 dinamai jenis
  • C6 dinamai uraian
  • C7 dinamai jumlah
Untuk menamai sel dengan mudah, caranya dibawah ini:
Misalkan anda ingin menamai sel G12 (gambar diatas) dengan nama terbilang, maka klik sel G12, lalu klik kotak yang berisi alamat G12 (disebelah kiri fx – lihat gambar diatas), klik, dan tulis Terbilang, tekan Enter
5. Sekarang klik Sheet Data. Anda perlu membuat tabel data yang berisi ID, Tanggal, Jenis, Uraian dan Jumlah. Saya mulai dari A5 menulis ID, Tanggal, Jenis, Uraian dan Jumlah. A1 sampai dengan A4 nanti akan digunakan, maka kosongi saja
  • Sheet DATA. A4, tulis CountID. A5 tulis rumus =COUNT(A6:A10006)
  • Saya asumsi kita nantinya punya 10.000 data. CountID akan menghitung jumlah data yang sudah ada di tabel DATA.
  • Isi tabel data dengan isi sebagai berikut
    • ID = 1
    • Tgl = 25/4/12
    • Jenis = Output
    • Uraian= Pembelian Bolpoin
    • Jumlah = 24000
  • Format masing-masing sel, sesuai dengan isinya. Misalkan format Tgl dengan tanggal, Jumlah dengan tanda koma, dan seterusnya
  • di A1, tulis rumus : =id
  • B1 tulis rumus INDEX($A$6:$E$10006;MATCH($a$1;$A$6:$A$10006;0);2)
  • copy rumus di B1, tarik sampai E1. Ganti rumus yang bertanda merah, diganti dengan 2, 3, 4, dan 5. Jadi
  • B3 rumusnya =INDEX($A$6:$E$10006;MATCH($A$1;$A$6:$A$10006;0);3) dst

5. Nah sekarang balik lagi ke Sheet INPUT. Kita akan buat Tombol Pemasukan Data, Data Baru, dan Tombol Lihat Record Ke kiri dan ke kanan.
Klik Developer, kemudian klik Insert/ActiveX Control, CommandButton
Buat 4 Commandbutton, atur seperti gambar. Namai masing-masing dengan BtnEnter, BtnNew, BtnRight dan BtnLeft, Caption seperti Gambar. Nantinya button ini digunakan untuk navigasi Record Kita.

Selanjutnya Isi Sheet INPUT dengan data –data yang telah kita punya dari sheet DATA
  • Id dengan =Data!A1
  • tgl dengan =Data!B1
  • Jenis dengan cara seperti dibawah ini
  • Uraian dengan =Data!D1
  • Jumlah dengan =Data!E1
  • Terbilang dengan =terbilang(jumlah)
Aktifkan fungsi terbilang. Caranya lihat http://harisaryono.com/2011/07/membuat-fungsi-terbilang-di-excel/ download fungsinya dari 4shared .
Untuk Jenis, karena terdiri dari 2 pilihan saja, yaitu Input dan Output, maka kita bisa membuat Drop Down Menu supaya pemasukan datanya selalu tepat. Caranya seperti yang telah dijelaskan pada membuat drop down menu. Atau supaya cepat, caranya begini:
  • Klik C5 atau Jenis
  • Data/Data Validation pilih Data Validation
  • Pada Setting/Allow pilih List.
  • Pada Source tulis Input,Output
  • Tekan OK
6. Saatnya berpikir.
Kita punya 4 tombol yaitu Left, Right, New dan Enter. Fungsinya sebagai berikut:
  • Enter ditekan, maka Kita harus mengkopi data yang ada di sel Input ke dalam sel Data. Lokasi pengkopian tentu saja sesuai dengan nomor ID
  • New ditekan, maka ID akan ditambah dengan 1 dari jumlah record yang ada, sel yang lain dikosongi semua
  • << ditekan, maka ID dikurangi 1. tampilkan record yang sudah ada sesuai dengan ID yang ditunjuk di kolom ID.  Bila ID = 1, jangan kurangi lagi
  • >> ditekan, maka ID ditambah 1. Tampilkan record sesuai dengan ID yang ditunjuk. Bila ID sudah maksimum, jangan ditambah lagi
Ok, kita sekarang akan memberi kode pada tombol-tombol tersebut. Klik Developer/Design Mode lalu klik tombol Enter, klik kanan, pilih View Code. Isi Kode berikut ini
Private Sub BtnEnter_Click()
RecordNow = Sheets("Input").Range("id").Value
    With Sheets("Data")
       .Cells(RecordNow + 5, 1).Value = Sheets("Input").Range("ID").Value
       .Cells(RecordNow + 5, 2).Value = Sheets("Input").Range("tgl").Value
       .Cells(RecordNow + 5, 3).Value = Sheets("Input").Range("jenis").Value
       .Cells(RecordNow + 5, 4).Value = Sheets("Input").Range("uraian").Value
       .Cells(RecordNow + 5, 5).Value = Sheets("Input").Range("jumlah").Value
    End With
    MsgBox ("Data Sudah Dimasukkan")
End Sub
Private Sub BtnLeft_Click()
    With Sheets("Input")
       RecordNow = Sheets("Input").Cells(3, 3).Value
       If RecordNow = 1 Then
          If .Cells(4, 3).Formula = "=Data!B1" Then
          Else
             Call FillFormula
          End If
       Else
          .Cells(3, 3).Formula = RecordNow – 1
          If .Cells(4, 3).Formula = "=Data!B1" Then
          Else
             Call FillFormula
          End If
       End If
    End With
End Sub
Private Sub BtnNew_Click()
   ‘MaxRecord = Sheets("Data").Range("B4").Value
   With Sheets("Input")
      .Cells(3, 3).Formula = "=Data!b4+1"
      .Cells(4, 3).Formula = ""
      .Cells(5, 3).Formula = ""
      .Cells(6, 3).Formula = ""
      .Cells(7, 3).Formula = ""
   End With
End Sub
Sub FillFormula()
      With Sheets("Input")
      .Cells(4, 3).Formula = "=Data!B1"
      .Cells(5, 3).Formula = "=Data!C1"
      .Cells(6, 3).Formula = "=Data!D1"
      .Cells(7, 3).Formula = "=Data!E1"
   End With
End Sub
Private Sub BtnRight_Click()
    With Sheets("Input")
       MaxRecord = Sheets("Data").Cells(4, 2).Value
       RecordNow = Sheets("Input").Cells(3, 3).Value
       If RecordNow = MaxRecord Then
          If .Cells(4, 3).Formula = "=Data!B1" Then
          Else
             Call FillFormula
          End If
       Else
          .Cells(3, 3).Formula = RecordNow + 1
          If .Cells(4, 3).Formula = "=Data!B1" Then
          Else
             Call FillFormula
          End If
       End If
    End With
End Sub
catatan: maaf, gak sempat menjelaskan arti rumus tersebut. Tapi coba diamat-amati sendiri. Fungsi tersebut sangat mudah kok
7. Selesai. Sekarang simpan file dalam bentuk XLSM, supaya makronya juga tersimpan.

Percobaan

Mari Kita coba hasil kerja kita.
  1. Klik Sheet Input. Klik New
  2. Isi Dengan Data Sembarang
  3. Klik Enter
  4. Klik tombol <<
  5. Klik tombol >>

Download

Download file contoh disini
Komentar anda sangat kami tunggu…

Source : http://harisaryono.com/2012/03/membuat-data-pemasukan-dan-pengeluaran-harian-di-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

17 comments:

  1. terbilangnya gak berfungsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. download dulu gan adds in buat excel
      https://drive.google.com/file/d/0B6-cXIAiZzXyX2xXYU9SQkQ3STg/edit

      Delete
  2. Kang, belum bisa edit data ya? Aku suka aplikasinya,, hehehe buat refren saya, Kang, ijin copas buat artikel diwebku yoo..

    Btw, ijin nitip hit counter boleh Kang? Kalau boleh silahkan ke:

    http://www.asanoer.com/hit-counter/hit-counter.txt

    Thx en suwun yoo, asanoer.com

    ReplyDelete
  3. Sukses selalu buat anda, terima kasih atas contoh dan panduannya, semoga bermanfaat buat kami dan rekan2 pengunjung

    ReplyDelete
  4. A5 menulis ID
    A5 tulis rumus =COUNT(A6:A10006)
    saya heran dengan keterangan ini..

    ReplyDelete
  5. terima kasih ka untuk tutorialnya. ada bekal untuk tugas sekolah jadinya..
    jilbab cadar

    ReplyDelete
  6. wa mantap...makasih banyak atas ilmunya
    ijin down load

    ReplyDelete
  7. wah mantab ... ijin copas ye

    ReplyDelete
  8. wah mantab ... ijin copas ye

    ReplyDelete
  9. Kereeeeeeen!!!!
    makasih banget buat tutorialnya, salam kenal dari Bandung IT

    ReplyDelete
  10. Halo master, minta tolong buatkan program excel sederhana yg terdiri dari stok, pembelian dan faktur penjualan untuk tugas anak saya di SMK, terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
  11. Waaaww mantap juga tw gan, saya bisa memantau pemasukan dan pengeluaran perbulannya saya..

    ReplyDelete
  12. Mas, kalau bisa dibuatin kode akun dan nama akunnya. terus jumlahnya dipisahkan antara Debit (Penerimaan) dan Kredit (pengeluaran).

    ReplyDelete