Belajar membuat Report & Macro pad MS.Access

Posted by

A.    Report

Adalah  objek database untuk keperluan print, tampilan report dapat disesuaikan dengan spesifikasi kita. Dengan menggunakan fasilitas report, maka informasi dari database dengan format printout dapat lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan format yang berupa table yang bisa membingungkan pembacanya.

Berikut, step by step cara membuat report :

   1. Buka file database anda yang akan dibuat report nya.
   2. Pada area Objects klik Reports
   3. Klik tombol New pada tombol jendela database anda, pada kota dialog New Report yang muncul klik Report Wizard lalu Ok
   4. Pada kotak dialog Report Wizard yang muncul, klik tombol list untuk memilihs Tables/Queries
   5. Pilih Query yang akan dibuat report dari list pilihan yang muncul Selanjutnya klik tombol kanan ganda untuk memilih semua field yang disediakan. Perhatikan Gambar 1.2. Lalu Next .
   6. Berikutnya klik Merk > tombol panah kanan > Next. Langkah tersebut untuk melakukan grouping berdasarkan field Merk.
   7. Berikutnya klik Next, tidak perlu melakukan perubahan.
   8. Klik Next Untuk pilihan style klik Corporate > Next
   9. Berikutnya ketik judul report anda untuk title
  10. Klik Finish lalu close dan save. Maka tampilannya akan seperti Gambar 1.5.

Analisanya :

            Report (Laporan) merupakan hasil pengolahan data menjadi sebuah informasi yang sangat berguna bagi penggunanya dan program ini memiliki fasilitas laporan dalam bentuk print out. Report memudahkan user dalam pembuatan laporan ( Report ) dengan menyediakan fasilitas Report Wizard yang mampu untuk merancang beberapa bentuk laporan dan dapat memodifikasi bentuk laporan sesuai dengan pola yang diharapkan

Jadi, dengan menggunakan fasilitas report yang ada pada MS.Access, user lebih memahami informasi dari database tersebut


B. Macro

Dengan menggunakan fasilitas ini, anda dapat melakukan otomasi untuk tugas-tugas tertentu, macro dapat membantu anda dalam mencetak report, menampilkan form atau mengeluarkan bunyi apabila anda menjalankan sebuah action (aksi tertentu). Dengan kata lain, macro merupakan sekumpulan dari satu atau lebih actions yang mana setiap action-nya menjalankan operasi-operasi tertentu.

Berikut step by step cara membuat macro yang akan menampilkan report yang sebelumnya telah di buat tadi yang dibarengi dengan bunyi beep.

   1. Pada jendela database, klik Macros pada area Objects
   2. Klik ikon New pada toolbar jendela database.
   3. Pada jendela Design Macro yang muncul, klik tombol list pada baris pertama kolom Action. Lihat Gambar 2.1
   4. Pada Kolom action pilih aksi yang anda inginkan. Contoh : "Beep"
   5. Klik tombol list pada kolom Action baris kedua lalu klik tombol panah ke bawah dan pilih sesuai kebutuhan anda. Contoh "Open Report"
   6. Pada area Action Arguments dibawah jendela design macro, klik Report Name dan pilih file report yang akan di buat macro nya. Contoh "Merk Supplement".
   7. Selanjutnya klik View untuk memilih aksi nya. Contoh "Print Preview", maka hasilnya akan terlihat seperti Print Preview pada MS. Word.
   8. Klik Save pada toolbar lalu tutup jendela design
   9. Pada jendela report yang anda pilih tadi, klik ikon Run.
  10. Maka akan muncul jendela report dibarengi dengan bunyi beep.

Nah Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan Macro yang telah dibuat tadi ke sebuah tombol pada form Report yang telah dibuat sebelumnya.

   1. Pilih Forms pada area Object di jendela database anda.
   2. Klik form yang telah anda buat sebelumnya. Lalu klik Design pada toolbar.
   3. Klik tombol Command Button pada toolbox. Apabila toobox tidak muncul, pada menu bar klik View > Toolbox.
   4. Klik pada area form untuk membuat Command Button.
   5. Tekan tombol Alt+Enter pada keyboard untuk menampilkan properties, pada jendela properties, klik tab Format.
   6. Ketik Report pada property Caption.
   7. Selanjutnya klik tab Event lalu klik text box pada property OnClick.
   8. Klik tombol list yang muncul lalu pilih macro anda. Contoh "Macro Report".
   9. Tutup jendela Properties
  10. Posisikan tombol Report sesuai yang anda inginkan.
  11. Klik Save pada toolbar
  12. Selanjutnya klik ikon form view pada toolbar untuk menampilkan form nya.
  13. Klik Tombol Report pada form
  14. Apabila muncul report yang telah anda buat dibarengi dengan bunyi beep berarti anda telah berhasil mengaplikasikan macro Macro Report ke sebuah tombol.

Analisanya :

      Dengan memanfaatkan fasilitas macro pada MS. Access maka kita dapat mengintegrasikan aksi-aksi dari database yang telah kita buat sebelumnya. Dengan tampilan yang actions yang berbentuk tombol membuat tampilan dari form kita terlihat lebih dinamis karena ketika tombol-tombol macro tersebut di klik maka user akan dibawa ke informasi lainnya yang telah disetting sedemikian rupa dengan macro. Fungsi-fungsi actions pada Macro seperti bunyi beep itu merupakan salah satu dari banyak fungsi lainnya. Silahkan anda coba untuk melihat perbedaan dari fungsi-fungsi tersebut.

Source : http://blog.unsri.ac.id/emonpotter/tugas-kuliah-/belajar-membuat-report-macro-pad-ms.access/mrdetail/2063/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : April 04, 2013

0 comments:

Post a Comment