Membuat SPPD dan SPT Otomatis

Posted by

SPPD dan SPT formatnya selalu seperti itu. Memang ada beberapa instansi yang membuat SPPD sudah dalam bentuk cetak, sehingga tinggal mengetik. Namun di kantor saya, SPPD diprint sendiri.
Karena formatnya selalu tetap, maka SPPD bisa dibuat secara otomatis. Berikut ini saya berikan contoh SPPD otomatis yang saya buat. Untuk menggunakannya, anda tinggal mengedit beberapa sheet.
  1. Sheet PERSONEL : Silahkan diedit, terutama Nama, NIP dan Pangkat/Gol.
  2. Sheet LEMBAR 1 : yang perlu diedit adalah Logo, serta Nama Kepala Kantor berikut NIPnya. Untuk yang lainnya biarkan seperti itu
  3. Sheet LEMBAR 2 : tidak ada yang perlu diedit
  4. Sheet SPPDDadiek : Ganti Logo dan tahun serta pejabat berikut NIPnya, atau sesuaikan dengan SPPD yang ada di tempat saudara. Sheet ini merupakan sheet lembar 1 untuk Kepala Kantor, sehingga yang mengeluarkan adalah dari Sekretariat Daerah
  5. Selanjutnya silahkan buka Sheet Data. Set dulu Global Path, yaitu lokasi anda meletakkan file-file SPT*.doc dan *.xlsx ini. Letaknya di bagian paling bawah (lihat gambar dibawah ini:
LEMBAR_ISIAN
6. Program ini selain membuat SPPD otomatis, juga disiapkan untuk membuat SPT (Surat Perintah Tugas). Modelnya seperti gambar dibawah ini
SPT
ada maksimum 2 nama yang bisa berangkat bersama (biasanya seperti itu). Karenanya, SPTnya juga terdiri dari 2 jenis yaitu SPT1.doc untuk 1 orang, dan SPT2.doc untuk 2 orang. Untuk SPT kepala Kantor, settingannya adalah SPT3.doc.
Printing
Untuk memprint SPPD, langsung saja tekan tombol Print 4x, siapin 4 lembar kertas folio. Sedangkan untuk print dibaliknya, maka akan ada pesan apakah kertas sudah dibalik.
  • Untuk mengedit, hanya edit Sheet DATA yang berwarna kuning dan biru muda.
  • Sebelumnya buka SPT1.doc s/d SPT3.doc, dan benarkan mailmerge-nya dengan  mengarahkan source data ke ContohSPPD.xls yang Sheet1.
Link donwload File ContohSPPD dapat diunduh disini

Source : http://harisaryono.com/2012/02/membuat-sppd-dan-spt-otomatis/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

2 comments:

  1. terima kasih gan,.. sy sdh download tapi nggak bisa dijalankan,.

    ReplyDelete
  2. gimana cara dapatkan.........

    ReplyDelete