Tips Cara Cepat di Excel

Posted by

Menjumlah, Rata-rata, Mengetahui Jumlah Data dan sebagainya dengan Cepat di Excel
Excel 2007 telah hadir dengan fasilitas yang mungkin anda lewatkan, yaitu fasilitas status bar. Fasilitas Status Bar ada di pojok kanan bawah bidang excel 2007.

Tips 1: Penggunaan Status Bar

Kelebihan dari status bar ini adalah, bila anda melakukan blok pada area tertentu yang berisi angka, maka status bar akan langsung melaporkan nilai rata-rata (average), jumlah total (sum), jumlah data (count), nilai minimum data (min), nilai Maksimum data (Max) dan sebagainya.
status-bar
Data yang ditampilkan di status bar, bisa diatur sesuai dengan keinginan anda. Misalkan anda ingin di status bar hanya ditampilkan Nilai Rata-rata, jumlah data, serta jumlah total saja, hal ini bisa dilakukan dengan mengklik kanan pada mouse di atas status bar, maka akan muncul menu tarik. Anda bisa mencentang dan membuang centang pada menu tersebut untuk menghilangkan atau memunculkan data di status bar
klik_kanan_pada_status_bar

Tips 2: Memilih Seluruh Baris Atau Kolom

Untuk memilih keseluruhan baris atau kolom dengan cepat, anda tidak perlu melakukannya dengan menyeret, seperti yang biasa kita lakukan. Cara tercepat untuk memilih seluruh kolom, klik pada Kolom yang diinginkan (misal kolom F), lalu lihat status bar. Disitu akan langsung dilaporkan Rata-rata, jumlah data, jumlah total dan sebagainya. Sedangkan untuk memilih baris, tinggal klik pada nomor baris yang diinginkan.

Source : http://harisaryono.com/2012/08/tips-cara-cepat-di-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

0 comments:

Post a Comment