Cara Mengambil Data (Ekstrak Data )dari Website Ke dalam Excel

Posted by

Misalkan suatu saat anda melihat ada tabel menarik dalam sebuah web tertentu, dan kemudian ingin mengkopinya, biasanya anda akan mengkopi data tersebut secara manual, dan mempastenya ke dalam excel.
Sering cara kopi-paste seperti ini tidak menghasilkan tabel yang kita inginkan, kadang tabel menjadi 1 kolom, atau kolomnya berubah, sehingga butuh waktu lama untuk mengaturnya kembali.
Nah, Excel 2007 mempunyai fungsi untuk mengekstrak tabel dari website dan menempatkannya dalam sel yang anda inginkan secara otomatis. Bahkan, excel dapat langsung mengupdate data secara otomatis ketika filenya dibuka bila anda menset demikian.
Caranya adalah sebagai berikut
1. Buka Excel 2007
2. Pilih Data/From Web. Maka muncul Dialog box baru. Isikan alamat website yang tabelnya ingin anda ekstraks. Dalam contoh dibawah ini, saya ingin mengekstraks harga emas hari ini. Alamat websitenya http://www.logammulia.com/surabaya-id.php.
ekstraks-web-data-di-excel
Kemudian pilih tabel yang ingin diekstraks (scroll ke bawah), lalu tekan Import.
Selanjutnya akan ditanyakan dimana tabel akan di-paste. Pilih lokasi sembarang. Maka dalam sesaat, tabel harga emas hari itu akan dicopy ke sheet anda.
Silahkan simpan file ini dengan nama sembarang. Ketika anda membuka file tersebut, bila ingin memperbaharui data, pilih Data/Refresh All. Maka data terbaru akan ditampilkan secara otomatis.
Selamat mencoba…

Source : http://harisaryono.com/2012/08/cara-mengambil-data-ekstrak-data-dari-website-ke-dalam-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete