Menulis Angka Arab Di Excel

Posted by

Bingung bagaimana menulis angka arab di excel. Saya mengalaminya. Dan setelah browsing sana dan browsing sini, akhirnya saya berhasil menulis angka Arab. Angka arab yang saya maksud disini adalah seperti gambar dibawah ini:
angkaarab

Teorema

Angka arab atau tulisan Right To Left seperti tulisan Arab, Jepang, China, Korea, Rusia dan sebagainya merupakan Extended Character. Kalau karakter biasa, bernomor 0 – 255, maka special character bernomor diatas itu. Karenyanya fungsi Asc tidak bisa dipakai. Untuk special character seperti ini, kita gunakan AscW dan CharW.
Fungsi yang saya tulis dibawah ini hanyalah membaca karakter masukan satu persatu. Bila karakter merupakan karakter angka (0-9), maka karakter diubah menjadi nomor dalam bahasa Arab. Karakter lain, biarkan saja seperti adanya.
Nah, kode karakter angka arab saya masukkan dalam array mulai 0 sampai dengan 9. Nomornya dalam Hexadesimal, karenanya didepan masing-masing diberikan &H. Darimana saya tahu nomor nomor tersebut?
Mudah saja, Coba anda Insert/Symbol, kemudian pilih font Arabic Transparent, cari angka arab, maka disana akan disebutkan nomor heksa masing-masing angka arab tersebut
insertSymbol

Kode

Seperti biasa, copy dan pastekan di module, supaya bisa dipanggil di sheet apa saja

 1: Function AngkaArab(Angka) 
 2: a = Array(&H660, &H661, &H662, &H663, &H664, &H665, &H666, &H667, &H668, &H669) 
 3: temp = "" 
 4: For i = 1 To Len(Angka) 
 5: kar = Mid(Angka, i, 1) 
 6: If Asc(kar) < 48 Or Asc(kar) > 57 Then temp = temp & kar Else: temp = temp & ChrW(a(kar)) 
 7: 
 8: Next i 
 9: AngkaArab = temp 
 10: End Function 

Source : http://harisaryono.com/2012/04/menulis-angka-arab-di-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

2 comments:

  1. dulu saya sempat bingung bagaimana cara menulis angka arab di excel. karena secara standar setingan excel ke mode angka latin

    ReplyDelete
  2. wah terima kasih gan atas solusinya. saya sempat bingung cara nulis angka arab di excel. thanks

    ReplyDelete