Qur'an in Excel

Posted by

Alhamdulillah, setelah melalui serangkaian lembur beberapa hari, akhirnya versi perbaikan dari Qur’an di Excel sebelumnya (V 1.0) telah saya perbaiki. Adapun fitur tambahan dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu tambahan search nomor surat dan melihat qur’an per halaman.
Rencana sebelumnya yang menampilkan surat per lembar, tidak jadi saya lakukan, karena file distribusinya akan semakin besar dan tidak bisa didownload dengan cepat. Karenanya, tampilan al Qur’an per halaman saya ganti dengan menunjukkan ayat pada halaman tersebut.

ScreenShot

tampilan_per_halaman
Gambar diatas menunjukkan tampilan Qur’an In Excel V1.1. Kita tetap bisa melompat ke halaman atau juz sembarang dengan mengetika angka halaman maupun juz yang dituju (A). Fitur selengkapnya:
1. Pilih Juz atau halaman
2. Geser ke kanan dan ke kiri untuk melompat ke halaman berikut atau sebelumnya (C)
3. Guide halaman, yaitu posisi halaman yang sedang dibuka (B)
4. Memperbesar/memperkecil tulisan (D)

Per_ayat
Fitur tetap seperti V1.0 sebelumnya, namun saya tambah dengan nomor surat. Perlu dicatat disini, bahwa pilihan tampilan semua, lafadz saja atau arti saja masih belum dapat digunakan. Saya masih belum menemukan penyebabnya. Untuk versi 1.1 ini, anda bisa memilih untuk menampilkan ayat dengan maupun tanpa harokat.

Karena lompatnya memakai nomor surat dan ayat ke berapa, maka, saya menyiapkan kotak search yang dapat menampilkan nama dan nomor surat yang dicari. Tinggal ketik di kotak search, lalu tekan enter, maka komputer akan langsung mencari database yang berisi kata yang dicari
search

downLOAD


download quran in excel V1.1 disini

Source : http://harisaryono.com/2012/04/update-quran-in-excel-versi-1-1/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

0 comments:

Post a Comment