Cara Agar Error tidak ditampilkan di Excel

Posted by

Saya sudah mengulas tentang mengapa dan dimana letak kesalahan ketika excel menampilkan tulisan error. Nah, kadang, karena memang data tidak tersedia, sel tersebut harus berisi Error. Saya ingin memberikan beberapa cara cara jitu  tentang bagaimana menyembunyikan error ini.
Sebenarnya Excel telah mempunyai fungsi untuk membersihkan error ini:

1. Gunakan kombinasi fungsi IF dan fungsi ISxxxx

Ada 9 fungsi untuk mengetes nilai atau referensi, yang dinamakan fungsi IS, yang mengecek sebuah nilai, hasilnya TRUE atau FALSE. Contohnya Isblank, akan mencek apakah sebuah sel bernilai kosong (blank), bila ya nilainya TRUE, bila tidak FALSE
Syntax
ISBLANK(value)
ISERR(value)
ISERROR(value)
ISLOGICAL(value)
ISNA(value)
ISNONTEXT(value)
ISNUMBER(value)
ISREF(value)
ISTEXT(value)
Value     adalah nilai yang akan dites. Value bisa berisi kosong (sel kosong – bukan nol lho), error, text logika, angka, atau nilai referensi , atau nama, yang ingin kamu tes.
Untuk mudahnya, kita tidak perlu mentest apakah text, angka atau referensi, cukup Iserror, maka semua error akan tercakup disitu seperti rumus dibawah ini:
Sehingga bila sebuah text salah, dengan IF anda dapat mengambil langkah, misalkan dengan menset nilai jadi 1 atau yang lainnya.
Contoh =If(iserror(A1*A2),””,A1*A2)
Rumus diatas berarti Bila A1*A2 hasilnya error, maka tulis string kosong (“”), kalau benar, tulis hasil dari A1*A2
Dengan rumus tersebut, bila error, maka error tidak akan ditampilkan, yang ditampilkan adalah string kosong

2. Gunakan fungsi IFERROR

Cara termudah yang sering saya gunakan adalah dengan fungsi IFERROR, karena fungsi ini lebih sederhana. Kalau Iserror, kita perlu 2 fungsi, Iferror, hanya perlu 1 fungsi saja.
Syntaxnya juga sederhana =Iferror(rumus,tampilkan bila salah). Contoh rumus diatas ditulis menggunakan Iferror hanya seperti ini
=Iferror(a1*a2,””)
sel akan kosong bila error.

Source : http://harisaryono.com/2012/04/cara-agar-error-tidak-ditampilkan-di-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

0 comments:

Post a Comment