Memecah Kalimat dalam Excel

Posted by

Pertanyaan :
dari sebuah kalimat di satu cell, saya ingin memisahkan menjadi per kata di cell sendiri-sendiri.
semisal kata di cel A1, Jalan-jalan ke kota semarang. Saya ingin memisahkan menjadi tiap kata di cell yang baru.
bagaimana formula nya, ya?
mohon bantuanya,

Hmm, pertanyaan menarik. Saya sudah buatkan satu formula excel untuk memecah kalimat ini.
Ada 2 pilihan untuk menyelesaikan persoalan ini, yaitu dengan VBA, atau cukup dengan formula Excel. Kelebihan dengan VBA adalah, kendalinya lebih mudah. Sedangkan dengan excel, kita perlu menyelesaikan dengan cara yang agak panjang.
Saya tidak suka menggunakan MEGA FORMULA, yaitu satu formula panjang di Excel, karena pengecekan formula tersebut akan sulit, kecuali bagi pembuatnya. Melihat formula yang panjang, juga cukup melelahkan, apalagi bagi yang baru belajar.
Untuk itu, kali ini saya akan menyelesaikan persoalan ini cukup dengan formula di excel saja.
Berikut ini adalah screenshot Excelnya.
pecahkata
Dengan memasukkan kata yang ingin (maksudnya kalimat) pada kotak berwarna biru, maka di bawahnya akan langsung terisi masing-masing satu kata.
Baiklah, saya telah menulis bagaimana cara membuat formula ini secara langkah demi langkah pada tab CARA. Silahkan dicoba sendiri. Bila kurang jelas, anda dapat menuliskannya pada komentar

Download File Contoh : http://adf.ly/LvJP7

Source : http://harisaryono.com/2012/07/memecah-kalimat-dalam-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

1 comments:

  1. mas bro...
    saya ingin mengacak kalimatdi excel
    contohnya gini : Budi membawa buku
    di acak menjadi : membawa Budi buku
    bagaimana ya formulanya?

    ReplyDelete