Membuat Menu Drop Down Beda Sheet

Posted by

Pertanyaan dari Dion
Tolong dibantu. Saya menjual produk fashion exam 1,2,3,4,5 etc yg masing2 punya katalog harga. saya ingin membuat daftar pesanan barang berdsrkan katalog harga 1,2,3 ect yang dalam bentuk drop list dlm satu tabel jd tingal milih barang mana yg di pesan berdasarkan daftatr harga. kemudian invoice pesanan, kalau perlu di rangkum dengan daftar pesanan harian, kendala saya daftar harga 1,2,3 beda sheet…. tolong di rangkum. Terima kasih.
Jawab :
Saya akan menggunakan sampel harga buku. Misalkan saya punya daftar harga buku yang masing-masing dibagi dalam Jenis Buku SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Masing-masing dalam sheet yang beda (lihat gambar). Maaf, saya lupa mendownload harga buku ini dari mana. Yang jelas dari suatu penerbit.
Gambarnya seperti
dropdown_beda_sheet
Nah, yang ingin saya tampilkan adalah, sebuah formulir pemesanan, yang bisa memilih  Jenis Buku, lalu judulnya, maka harganya akan segera muncul secara otomatis.
Dari Sheet Harga buku, saya menambah 2 sheet lagi yaitu dummy dan Nota.
Sheet dummy digunakan untuk menyimpan data-data seperti alamat range dan sebagainya
Sheet Nota digunakan untuk memperlihatkan nota pembelian yang siap diprint
nota pembelian
Sebenarnya aplikasi ini belum sempurna betul, karena nota pembelian masih asal-asalan, namun karena tujuan utamanya untuk memperlihatkan bahwa drop down Jenis Buku berhubungan dengan DropDown Judul, maka aplikasi ini telah terhitung selesai.
Jadi dari file contoh yang dapat anda download pada link dibawah ini, anda akan mendapatkan gambaran bagaimana Judul buku berhubungan dengan jenis buku, serta harga tentunya.
Maaf saya belum sempat menerangkan caranya, mungkin lain waktu akan saya terangkan dengan contoh aplikasi yang lebih sederhana.
Catatan:
sebenarnya, lebih mudah bila buku ditulis kodenya saja, lalu Judulnya bisa muncul secara otomatis. Dengan drop down seperti contoh ini, kalau jumlah bukunya ribuan, tentu akan menyulitkan pengguna.
Download File contoh disini

Source : http://harisaryono.com/2012/06/membuat-menu-drop-down-beda-sheet/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

0 comments:

Post a Comment