Validasi Data dengan Drop Down Menu di Excel

Posted by

Maksud saya seperti ini :
Anda mempunyai sebuah toko, yang menjual beberapa macam barang. Nah, barang-barang itu khan, masing-masing sudah ada harganya. Kita pengin di excel, tinggal masukkan jumlah barang yang dibeli, dan bukti penerimaan barang siap diprint. Asyik khan?
Gambaran riilnya adalah sebagai berikut:
tokobaju
nah digambar diatas, kita bisa melihat drop down list berisi baju-baju yang ada di toko. Pelayan toko tinggal memilih salah satu jenis baju yang ada, dan mengisikan jumlah yang dibeli, maka secara otomatis, nomor, harga satuan dan total akan terisi dengan sendirinya.
Untuk lebih jelasnya, anda bisa download file contoh tersebut disini
Untuk membuat drop down list seperti diatas, caranya sangat gampang, sebagai berikut:
Yang pertama, coba buka sheet “stock” di dalam file contoh. Disitu ada tabel Jenis Baju, Harga Satuan dan jumlah Stok.
Selanjutnya, blok isi tabel dari nama baju sampai dengan jumlah stok (header tabel tidak ikut diblok), namai dengan tbl_stok, di pojok kiri atas (lihat gambar berikut ini:
tokobaju
Selanjutnya, namai list nama baju dengan lst_baju. lst_baju inilah yang nantinya akan menjadi list untuk drop down list kita
lst_baju
Kemudian kita ke sheet “Receipt”. Blok semua isi kolom nama, delete semuanya, lalu ke Data/Validation, akan muncul menu data validation, Pilih seperti gambar dibawah ini
dropdown list
Tekan OK, dan list anda sudah siap. Untuk harga, kita gunakan fungsi vlookup agar nilai harga bisa masuk. Lihat fungsinya di file contoh.
thank you…
catt: bila ada pertanyaan atau permasalahan tentang excel, silahkan tulis komentar

Source : http://harisaryono.com/2011/07/validasi-data-dengan-drop-down-menu-di-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

1 comments: