Studi Kasus Pembuatan Nota Telepon
Saya tidak tahu apa yang perlu Hadi Record, tetapi berikut ini saya berikan gambaran untuk menyelesaikan masalah pencatatan nota telepon tersebut.
Apa yang akan dicatat?. Yang dicatat misalnya Nama, No dihubungi, serta Tanggal dan Waktu. Untuk tanggal dan waktunya minta otomatis.
Hmm…. kita harus gunakan fungsi Worksheet_change() event. Event adalah fungsi yang dipanggil secara otomatis ketika syarat event terpenuhi. Nah syarat yang kita tetapkan disini adalah bila telah ditekan ENTER, artinya ADA PERUBAHAN NILAI PADA SEL TERSEBUT.
OK, saya buat Tabel Sederhana untuk implementasi nota telepon ini
Yup, saya buat tabel seperti diatas di sheet3 (anda nggak harus di sheet 3 sih), yang isinya Kode, Nama, Telepon, tanggal dan waktu seperti diatas
Nah, anda bisa mengganti Range yang dicek perubahannya, misalkan datanya ada 10.000, ya Rangenya tinggal diganti D4:D10000
Program diatas harus anda copy dan paste di Sheet, bukan di Module. Kalau anda pakai Sheet3, ya berarti dipaste di Sheet3. Lihat gambar ini bila kurang jelas
Oh, ya, sebenarnya saya berencana untuk membuat form isian seperti ini. Tapi nanti aja deh, sekarang yang mudah dulu ya…
Sebelumnya saya mau cerita, saya bekerja sbg operator telpon, kemudian untuk mempermudah pencatatan permintaan telepon keluar saya memakai M.Excell ,nah yang saya mau tanya bisa g ya kalau setiap mencatat setelah menekan enter akan keluar juga detail jam atau waktu saat itu saya mengetik, mohon bantuanya ya, trims.Terima kasih kepada Hadi atas pertanyaannya. Jadi ceritanya Hadi ingin membuat Nota Telepon di dalam Excel. Bisakah? Bisa.
Hadi, Somewhere
Saya tidak tahu apa yang perlu Hadi Record, tetapi berikut ini saya berikan gambaran untuk menyelesaikan masalah pencatatan nota telepon tersebut.
Apa yang akan dicatat?. Yang dicatat misalnya Nama, No dihubungi, serta Tanggal dan Waktu. Untuk tanggal dan waktunya minta otomatis.
Hmm…. kita harus gunakan fungsi Worksheet_change() event. Event adalah fungsi yang dipanggil secara otomatis ketika syarat event terpenuhi. Nah syarat yang kita tetapkan disini adalah bila telah ditekan ENTER, artinya ADA PERUBAHAN NILAI PADA SEL TERSEBUT.
OK, saya buat Tabel Sederhana untuk implementasi nota telepon ini
Yup, saya buat tabel seperti diatas di sheet3 (anda nggak harus di sheet 3 sih), yang isinya Kode, Nama, Telepon, tanggal dan waktu seperti diatas
- Saya ingin ketika kolom Telepon sudah selesai dimasuki data, maka kolom tanggal dan waktu otomatis mengisi data pada saat saya tekan enter tersebut. Berarti Triggernya adalah Kolom D.
- Untuk mengambil tanggal dan waktu, VBA telah menyediakan fungsi yaitu DATE dan TIME.
- Untuk mengetahui sel yang aktif saat ini, gunakan fungsi ActiveCell
- Untuk berpindah ke sel yang lain, kita gunakan ActiveCell.Offset. Offset meminta masukan berapa baris dan berapa kolom kita mau pindah.
Subrutin Worksheet_Change cara penggunaannya seperti itu. Maksud program itu adalah : bila Range D4:D22 ada perubahan, maka jalankan subrutin ShowTimePrivate Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range) If Not Intersect(Range("D4:D22"), Target) Is Nothing Then Call ShowTime End If End Sub Sub ShowTime() ActiveCell.Offset(-1, 1).Activate 'kolom tambah 1 ActiveCell.Value = Date ActiveCell.Offset(0, 1).Activate 'kolom tambah 1 lagi ActiveCell.Value = Time ActiveCell.Offset(1, -4).Activate 'Geser ke kiri 4 kolom, dan ke bawah 1 baris End Sub
Nah, anda bisa mengganti Range yang dicek perubahannya, misalkan datanya ada 10.000, ya Rangenya tinggal diganti D4:D10000
Program diatas harus anda copy dan paste di Sheet, bukan di Module. Kalau anda pakai Sheet3, ya berarti dipaste di Sheet3. Lihat gambar ini bila kurang jelas
Oh, ya, sebenarnya saya berencana untuk membuat form isian seperti ini. Tapi nanti aja deh, sekarang yang mudah dulu ya…
0 comments:
Post a Comment