Membuat Tabel Perkalian dan Penambahan 1-100

Posted by

Langkah Pembuatan Tabel Perkalian dan Penambahan 1-100

Yuk, ikutin saya untuk membuat tabel perkalian dan penambahan. Boleh juga sih, tabel pembagian, namun untuk tabel pembagian, hasilnya menjadi pecahan.
Untuk membuat tabel perkalian di excel, sebenarnya sangat mudah. Kunci utamanya terletak pada bagaimana rumus perkalian serta penambahannyaa didalam setiap sel, sehingga kita tidak perlu menulis rumusnya satu persatu.
Intinya adalah penggunaan tanda dollar ($) untuk menentukan pengkopian rumus absolut. Kita bisa set supaya kolomnya tetap, atau bisa juga barisnya tetap
Untuk mempersingkat waktu, mari kita ikut langkah pembuatan tabel berikut ini:

1. Langkah pertama, buatlah tabelnya dahulu.

Untuk mengatur kolom, gunakan column Width. Lihat gambar dibawah ini bila kurang jelas.
tabel_perkalian
saya menggunakan lebar 5 piksel, karena itu sudah cukup

2. Langkah kedua, adalah mengisi rumus:

pada kotak perpotongan 1 dan 1, kita isikan rumus =e7*f6. Kemudian copy rumus tersebut kebawah
tabel_perkalian2
pada gambar diatas, saya telah mengisi rumus di F7 dengan rumus e7*f6. selanjutnya saya telah mengkopi rumus tersebut dengan double click pada kotak hitam diatas (lihat gambar).
Lho, kok hasilnya tidak cocok?
Masak 3×1 = 6?. Khan harusnya 3?
Yup, itu karena rumus kita bergeser. seharusnya sampai ke bawah, sel yang dituju adalah tetap, yaitu f6. Nah bagaimana cara agar f6nya tidak berubah?
perbaiki rumusnya dengan menambahkan tanda $ didepan angka 6 pada f6. Rumusnya menjadi
=e7*f$6
Mengapa begitu?
Karena kita ingin agar ketika rumus kita kopi ke samping, F berubah menjadi G, tapi barisnya tetap 6 khan?
Ok, sekarang saya ganti rumusnya, dan klik dua kali pada kotak hitam. Hasilnya tampak benar.
sekarang saya copy rumus tersebut ke samping, ke kolom G,H dan I
3. Langkah 3. Benarkan rumusnya
tabel_perkalian3
sebenarnya tadi saya sudah melompat kegirangan, mengira bahwa rumus saya telah selesai. Namun ada yang salah!
1 x 3 kok 6 lagi yang di kolom h7?
Mari kita pelajari.
saya klik rumus di H7, rumusnya adalah =G7*H$6
Kok G, seharusnya khan E?, soalnya.
Maka kita harus beritahu excel, bahwa ketika dicopy, kita minta kolom E jangan berubah. Caranya adalah dengan menambah tanda $ didepan rumus e7*f$7.
Rumus di F7 menjadi =$e7*f$6
Yup, saya edit rumus di F7, dan kemudian saya copy rumus tersebut ke samping. Hasilnya tampak benar.

4. Langkah 4, copy rumus ke seluruh sel

Langkah terakhir adalah dengan mengcopy rumus di F7 ke seluruh sel, boleh dengan Ctrl+C atau langsung saja di double-click pada kotak kecil hitam
dan Inilah hasilnya
tabel_perkalian4
5. Kurang jelas, lihat video berikut ini:
Tabel Perkalian 1-10
Kalau diinginkan tabel perkalian 1-100, rumusnya tinggal ditarik ke kiri sebanyak yang disuka.
download file contoh disini

Source : http://harisaryono.com/2012/02/membuat-tabel-perkalian-dan-penambahan-1-100/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

0 comments:

Post a Comment