Membuat List Statis Dan Dinamis

Posted by

Perbedaan antara list statis dan dinamis adalah pada isinya. Ketika kita menambah atau mengurangi list, pada list statis, perubahan itu tidak akan tampak, kecuali kita mengedit ulang rangenya. pada list dinamis, perubahan akan langsung terlihat pada list
statis_dinamis
sebagaimana contoh diatas, saya punya 4 nama yang saya masukkan ke dalam list. Pilih pada List statis, dan terlihat ada 1 nama kosong pada list. Itu karena aslinya ada 5 nama di list, dan saya hapus satu
statis1
Lain dengan list dinamis, tidak ada ruang kosong walaupun list telah dihapus satu
statis2
Cara membuat list statis sudah saya terangkan di http://harisaryono.com/2011/07/validasi-data-dengan-drop-down-menu-di-excel/
nah, untuk membuat list dinamis, kita bisa gunakan fungsi =indirect().
Fungsi ini mengambil alamat yang ditunjukkan pada sel yang dimaksud. Sehingga kalau alamat yang ditunjuk berisi range list kita, maka isi list akan mengikuti.
Strateginya sebagai berikut:
  1. Hitung jumlah list dengan menghitung kolom No. Saya menggunakan fungsi =count() untuk menghitungnya.
  2. Pada sel D4 (lihat gambar diatas), adalah alamat sel yang tidak kosong, artinya itu adalah range alamat list kita.
  3. pada Validation data, settingannya adalah =indirect(D4). Lihat gambar
list
Contoh dan keterangan lengkap ada pada excel. Silahkan download filenya disini.

Source : http://harisaryono.com/2012/02/membuat-list-statis-dan-dinamis/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

1 comments:

  1. mksh atas Ilmunya dan sharenya smoga mendapat kberkahn slalau

    ReplyDelete