Membuat Hyperlink di Excel

Posted by

postingan ini menjawab pertanyaan dari P Agus. Pertanyaannya sangat menarik, sehingga saya perlu menjawabnya dalam sebuah postingan khusus.
Pertanyaannya:
PAK, gimana caranya memberi link pada list dalam dropdown lis tersebut.
misalnya setelah kita pilih bulan desember langsung bisa lari / membuka sheet data bulan desember
Terlebih dahulu, saya akan jelaskan tentang Hyperlink di Excel
Hyperlink di excel sama dengan hyperlink di website atau di tempat lain, dimana ketika anda klik sebuah tautan, misalkan tautan ke sebuah file, maka komputer akan langsung membuka file tersebut.
Hal ini semisal, anda membuat daftar peraturan perundangan, dimana setelah diklik peraturan perundangan yang bersesuaian, maka peraturan tersebut akan membuka secara otomatis.
hyperlink
yang perlu diperhatikan, untuk membuat link file, path file harus ditulis secara benar. Demikian juga dengan link ke sheet lain dalam 1 file, nama file harus ditulis didalam tanda kurawal [ ].

Sekarang, kita menginjak pada membuat list yang bisa langsung diklik seperti pertanyaan pak agus tadi.
Tanpa pemrograman (memakai VBA maksudnya), hal ini tidak bisa dilakukan. Namun saya menawarkan alternatif, yaitu, list bulan bisa dipilih, dan link sesuai bulan yang bersangkutan, diletakkan disampingnya dan dapat diklik. Gambarannya seperti ini
hyperlink_list

Untuk file contoh dapat didownload disini..

Source : http://harisaryono.com/2012/01/membuat-hyperlink-di-excel/


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 30, 2013

4 comments:

  1. makasih bnayak buat infonya gan,, ijin coba yaa

    http://acemaxsok.com/

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Gan, Menambah Referensi dan Pengetahuan untuk Belajar Excel Setiap hari dan dapat diterapkan di pekerjaan. Semoga berkah ilmunya

    ReplyDelete