Mengganti Shortcut pada Microsoft Office Word

Posted by

Jika Anda mengklik icon [Open] atau [Save] pada toolbar Microsoft Word, muncullah jendela dialog. Di bagian tengah, Anda bisa menjelajah harddisk untuk menentukan lokasi file. Di samping kanan terdapat preview dari dokumen yang akan dibuka, sedangkan di samping kiri terdapat shortcut menuju Desktop, My Documents, History, Favorites, dan Web Folder. Hadirnya shortcut itu membuat kita bisa dengan cepat mengakses ke lokasi tertentu.

Sayangnya, dokumen yang hendak disimpan atau dibuka biasanya tidak ada di tempat-tempat yang shortcut-nya sudah dibuatkan. Hapus saja shortcut yang sudah ada dan ganti dengan shortcut menuju folder yang memang sering Anda gunakan.

Anda dapat menghilangkan shortcut lewat registry seperti ini:
1. Jalankan Registry Editor.
2. Masuklah ke sub key KEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Office-9.0-Common-Open Find- Places-StandardPlaces. Di dalamnya terdapat lima key, yaitu Desktop, Favorites, My Document, Publishing, dan Recent. Key inilah yang menciptakan shortcut pada jendela “Open / Save” pada Microsoft Word Anda. Key Desktop, Favorites, dan My Documents merujuk ke shortcut Desktop, Favorites, dan My Documents, sedangkan key Publishing merujuk ke shortcut Web Folders, dan key Recent merujuk ke shortcut History.
3. Katakanlah Anda ingin menghilangkan shortcut Web Folders. Masuklah ke key Publishing. klik ganda DWORD value yang bernama [Show], ganti value data-nya menjadi “0”.
4. Sekarang coba Anda buka Microsoft Word dan klik icon [Open] atau [Save]. Semestinya, shortcut Web Folder sudah tidak ada. Untuk menghilangkan shortcut lainnya, Anda dapat melakukannya pada key-key lainnya sesuai dengan shortcut yang ingin Anda hilangkan.

Kalau Anda tadi sudah bisa menghilangkan shortcut yang tidak perlu, maka sekarang mari belajar membuat shortcut sendiri yang akan merujuk ke folder favorit.Untuk mewujudkannya, buka lagi Registry Editor, lalu ikuti langkah-langkah ini.
1. Masukklah ke sub key HKEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Office-9.0-Common-Open Find- Places-.
2. Buat key baru dengan nama “UserDefinedPlaces”.
3. Di dalamnya buat key lagi dengan nama, misalnya “shortcut1”.
4. Di dalam key shortcut1 tersebut buat string value dengan nama “Name”, dan isikan value data-nya dengan nama terserah Anda. Nama ini yang akan mucul pada jendela Open atau Save di Microsoft Word.
5. Kemudian buat string value lagi dan kali ini beri nama “Path”. Isikan value data-nya dengan alamat lengkap dari folder yang ingin Anda buat shortcut-nya.
6. Coba Anda buka lagi jendela Open/Save, dan shortcut buatan Anda tadi akan terlihat di sana.

Anda dapat membuat shortcut favorit Anda tersebut lebih dari satu. Namun perlu dicamkan, maksimal hanya lima shortcut yang bisa tampak pada jendela Open/Save, sudah termasuk shortcut standar dari Microsft Word. Jadi jika ingin membuat satu shortcut favorit, Anda harus menghilangkan salah satu shortcut standar Microsoft Word. Jika ingin membuat lebih dari satu, tentu saja Anda juga harus menghapus shortcut standar Word lebih dari satu.


DR.CB
MS. Office TutorialUpdated at : March 13, 2010

0 comments:

Post a Comment